Contoh Permohonan Bantuan Peningkatan Saluran Irigasi

Saluran irigasi merupakan sarana pertama yang dibutuhkan oleh masyarakat petani, selain bantuaan-bantuan berupa bibit tanam pertanian yang disalurkan oleh pemerintah ialah ada juga pemerintah menyalurkan pembangunan infrasstruktur pedesaan salah satunya yaitu peningkatan saluran irigasi. Mengingat salah satu peluang kerja potensial bagi masayarakat indonesia khususnya di pedesaan ialah pertanian, maka kestabilan saluran untuk mengairi persawahan atau saluran irigasi ialah hal paling utama yang dibutuhkan masyarakat petani.
Permohonan Bantuan Peningkatan Saluran Irigasi

Maka dalam hal ini, apabila di wilayah pedesaan saudara yang mayoritas pekerjaan masyarakatnya adalah petani namun terkadang sulit untuk mengairi areal persawahan karena kurannya sarana saluran irigasi yang baik, maka sobat bisa mengusulkan kepada kepala desa sobat untuk mengadakan musyawarah perkumpulan petani setempat dalam mengambil langkah mencoba mengajukan permohonan bantuan peningkatan saluran irigasi kepada pemerintah.

Dengan demikian insya allah, pembangunan sarana infrastruktur peningkatan saluran irigasi akan segera terekerjakan berkat adanya bantuan dari pemerintah kita tercinta untuk kemakmuran para petani di wilayah-wilayah pedesaan.

Sekarang saat nya anda mengajukan permohonan peningkatan saluran irigasi kepada pemerintah, dan anda tidak perlu khawatir tentang bagaimana cara merangkai surat permohonan peningkatan saluran irigasi kepada pemerintah, karena disini saya sudah pernah membuat surat permohonan saluran irigasi dan anda hanya tinggal untuk melihatnya saja, dan jika diperlukan anda bisa manfaatkan contoh yang sudah saya berikan ini.

Berikut inilah contoh surat permohonan peningkatan saluran irigasi untuk dipergunakan oleh pemirsa sekalian dimana pun anda berada.


Meurah Mulia, 15 Januari 2015

Nomor             : Istimewa/2015
Lampiran         : 1 (satu) Berkas
Sifat                : Sangat Mendesak
Perihal             : Permohonan Bantuan Peningkatan Saluran Irigasi


Kepada Yth,
Bapak Gubernur Provinsi Aceh
C/q Dinas Pengairan Provinsi Aceh
Di –
Banda Aceh


Assalamu'alaikum Wr, Wb......
Salam teriring do’a kami sampaikan kepada Bapak semoga senantiasa selalu dalam lindungan Allah SWT. Semoga dapat menjalankan aktivitas sehari-hari sebagai khalifah, Amin….!
  1. Dalam upaya stabilisasi pangan Masyarakat Aceh dan dalam upaya memenuhi kebutuhan air bagi anggota tani dan kelompok tani serta untuk meningkatkan kelayakan, kesejahteraan masyarakat desa yang mandiri dalam ekonomi serta percepatan pembangunan pedesaan, dibidang Pengelolaan Lahan dan Air perlu direncanakan program- program kegiatan yang berkesinambungan serta dapat mengembangkan Sumber Daya Alam (SDA) khusus dibidang saluran air bagi pertanian, maka diperlukan penyediaan dan perbaikan sarana prasarana serta insfrastruktur wilayah yang memadai.
  2. Berdasarkan hal tersebut di atas kami ajukan proposal permohonan bantuan dana untuk pembangunan sarana Lanjutan Peningkatan Saluran DI. Pase Kiri Saluran (BC) Beserta Jalan Inspeksi yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan pertanian terutama sarana Irigasi dalam pemerataan Air  yang berada di pedesaan yang berlokasi di 3 (Tiga) Gampong (Gampong Ceubrek, Gampong Ujong Reuba, Gampong Pulo Kitou) Kecamatan Meurah Mulia Kabupaten Aceh Uara.
  3. Sehubungan dengan adanya rencana pembangunan Lanjutan Peningkatan Saluran Di Pase Kiri Saluran (BC) Beserta Jalan Inspeksi di daerah kami, sepanjang  2000 M.
  • Bersama Dengan Ini turut kami lampirkan kelengkapan administrasi sebagai berikut;
  • Surat Permohonan
  • Rekomendasi Camat Meurah Mulia
  • Foto Dokumentasi Lokasi

Demikian surat permohonan bantuan biaya pembangunan saluran irigasi ini kami sampaikan, atas segala bantuan dan kebijaksanaan Bapak kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


Hormat Kami     
Kepala Desa Lamno


RZ ABIDIN     

Tembusan
  1. DPRA Provinsi Aceh
  2. Bappeda Provinsi Aceh
  3. Dinas Pengairan Provinsi Aceh
  4. Camat Meurah Mulia.
  5. Arsip__



Kesimpulannya, dengan adanya contoh surat seperti yang sudah saya perbuat dan saya ajukan untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah dalam hal peningkatan taraf ekonomi masyarakat miskin melalui peningkatan saluran irigasi untuk menjamin aliran air ke areal persawahan warga tercukupi dan memadai sehingga meningkatkan hasil panen masyarakat dan sejahtranya petani di indonesia dengan harapan di masa yang akan datang, hasil pertanian dari indonesia dapat di ekspor keluar negeri dan seluruhnya dunia. Namun demikian bila anda juga membutuhkan contoh serupa anda bisa membaca

Contoh Permohonan Pembuatan Saluran Irgasi Tersier

0 komentar:

Post a Comment