Contoh Surat Keterangan Domisili Penduduk

Surat keterangan domisili merupakan surat yang berikan oleh kepala desa untuk menerangkan bahwa salah seorang yang benar merupakan warganya datang ke kantor desa dan menjumpai kepala desa, meminta untuk di berikan bukti yang bahwa warga tersebut benar-benar tinggal menetap dan berdomisili di desa tersebut.

Contoh Surat Keterangan Domisili Penduduk
Ilustrasi contoh surat

Surat keterangan domisili ini dapat dipergunakan oleh warga yang bersangkutan untuk keperluan apa saja, seperti keperluan untuk mahasiswa yang di mintai untuk membawa surat keterangan domisili dari kepala jika ingin mengurusi keringana biaya kuliah dan lain sebagainya.

Surat ini, dibuat oleh kepala desa dengan data yang sebenarnya berdasarkan kartu identitas yang sah yang dimiliki oleh warganya seperti KTP dan Kartu Keluarga, dalam surat keterangan ini kepala desa akan mencantumkan data seperti Nama, Nomor Induk KTP (NIK), Tempat dan Tanggal Lahir serat data yang mendukung lainnya.


Namun demikian surat keteranga domisili penduduk ini juga berlaku jika dibuat untuk keperluan domisili sementara. Untuk lebih lengkapnya surat keterangan domisili ini bisa di gunakan/ kegunaanya untuk keperluan seperti berikut :


  • Berlaku untuk keperluan sementara dalam mengurus KTP
  • Berlaku untuk mahasiswa yang membutuhkan surat ini pada saat pengurusan keringanan biaya kulia
  • Berlaku bila salah seorang warganya sedang dalam keadaan bermasalah dan dibutuhkan bukti yang bahwa seorang warga tersebut berdomisili di desa dimana ia tinggal.
  • Berlaku juga bila diperlukan saat anda mendaftar untuk menikah pada kantor KUA kecamatan masing-masing.


Seperti inilah contoh surat keterangan domisili penduduk dari kepala desa yang bisa berlaku untuk berbagai keperluan yang dimaksud diatas.


KOP DESA MASING_MASING
------------------------------------------------------
SURAT KETERANGAN DOMISILI
Nomor:                /                / 2016


Kepala Desa Pulo Kitou Kecamatan Meurah Mulia Kabupaten Aceh Utara, dengan ini menerangkan bahwa :
                     Nama                           : Ariza Hanafiah
                     Tempat/Tgl. Lahir         : Pulo Kitou, 17-06-1972
                     Agama                         : Islam
                     Status                          : Belum Kawin
                     Pekerjaan                     : Wiraswasta
                     Alamat                        : Desa Pulo, Kecamatan Meurah Mulia
                     Kabupaten                   : Aceh Utara

Benar yang tersebut namanya diatas merupakan Penduduk Desa Pulo Kitou Kecamatan Meurah Mulia Kabupaten Aceh Utara, dan masih Berdomisili di Desa Pulo Kitou sampai dengan di keluarkan surat Keterangan ini.
Demikianlah Surat Keterangan Domisili ini dibuat dengan sebenarnya, serta diberikan kepada yang bersangkutan untuk dipergunakan seperlunya.


Desa Pulo Kitou, 09 September 2016
Kepala Desa Pulo Kitoe         



SULAIMAN ABDULLAH      






Catatan Desa: dapat anda ganti sesuai dengaan sebutan di daerah anda masing-masingKepala desa juga bisa anda ganti dengan sebutan di daerah anda masing-masing, seperti Kepala Kampung, Geuchik Gampong, Keuchik Kampung, Ketua RT.


Perhatian : identitas di contoh surat keterangan domisili di atas merupakan ilustrasi saja, dan apabila terdapat kesamaan identitas dalam subjek seperti yang saya contohkan dan membuat anda merasa terganggu, anda bisa menghubungi kami melalui form contact us atau melalui isi kolom kometar dibawah, dan kami akan meralatnya secepat mungkin karena kami tidak mempunyai hak itu mempublikasikan data pribadi ke publik secara umum.

Seperti halnya surat desa lainnya, surat ini juga ditandai keabsahan nya jika di bubuhi tanda tangan kepala desa atau sekretaris desa yang disertai stempel basah desa yang bersangkutan, semoga yang saya contohkan tentang keterangan domisili penduduk diatas dapat bermanfaat bagi anda semua, dan juga bila anda ingin melihat contoh surat yang berkaitan anda bisa baca/lihat : SURAT KETERANGAN KTP DALAM PENGURUSAN

0 komentar:

Post a Comment